info@smpialazhar21.sch.id +62-271-624017

Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler

Untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas memerlukan usaha yang serius serta berkesinambungan agar mampu memenuhi dan menumbuhkembangkan semua aspek kemampuan yang dimiliki oleh murid. Aspek kemampuan yang perlu dikembangkan tersebut meliputi sikap, pengetahuan, maupun keterampilan yang akan menjadi bekal murid dalam menghadapi berbagai tantangan pada era saat ini dan yang akan datang di lingkungan mana saja murid berada.

Pendidikan di SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru melalui integrasi muatan kurikulum, keagamaan, dan kemuridan yang diterapkan diharapkan mampu memberikan bekal untuk mengembangkan tiga ranah pendidikan, yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan soft skill murid. Muatan kurikulum tentu saja lebih menitikberatkan pada kemampuan akademik melalui proses pembelajaran efektif dengan alokasi waktu yang cukup terbatas. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan ekstrakurikuler guna mengembangkan bakat kemampuan murid secara optimal di berbagai bidang untuk menunjang aspek akademis murid.

Ektrakurikuler merupakan kegiatan pembinaan di berbagai bidang yang dilaksanakan sekolah di luar jam pelajaran efektif, berdasarkan acuan Program Kerja Tahunan (PKT) yang disusun oleh sekolah.

 

Secara umum, tujuan kegiatan ekstrakurikuler ini untuk mengembangkan minat, bakat, dan keterampilan murid, sekaligus membina prestasi di berbagai bidang yang meliputi bidang keagamaan, teknologi, olahraga, bahasa, seni, dan keterampilan lainnya. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler juga sebagai sarana penunjang untuk merefresh kembali kondisi murid di tengah jadwal rutinitas pembelajaran formal.

Ekstrakurikuler di SMP Islam AlAzhar 21 Solo Baru dikategorikan menjadi tiga jenis yang bersifat wajib, pilihan sekolah, dan mandiri.

Jenis-jenis Ekstrakurikuler

test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test test