SMPI Al Azhar 21 Wakili Jawa Tengah dalam Lomba Sekolah Sehat Nasional

SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru akan mewakili Jawa Tengah dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional jenjang SMP/MTs yang akan dilaksanakan pada tahun 2020. Sebelumnya, SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru ditetapkan sebagai Juara 1 Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Jawa Tengah jenjang SMP/MTS pada Senin (25/8). Penghargaan diberikan oleh Gurbernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, bersamaan dengan peringatan Hari Guru Nasional di SMA Negeri 1 Semarang.

Penilaian Lomba Sekolah Sehat tingkat provinsi sendiri telah dilaksanakan pada hari Kamis (14/11). Dalam penilaian yang dilakukan oleh 5 juri dari provinsi tersebut, hadir pula pejabat struktural Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo, Kepala Kantor Urusan Agama, Camat Baki, Lurah Kudu, Kepala Puskemas Baki, Kepala TP UKS Baki, Kepala Koramil Baki, Kepala Polsek Baki, Kepala SMP/MTS di Kecamatan Baki, serta pengurus YPI Al Azhar Solo Baru.

Dalam pelakasanaan penilaian, para juri terkesan dengan SMP Islam Solo Baru yang telah mempersiapkan diri dengan optimal, baik kondisi sarana-prasana maupun administrasi program Sekolah Sehat yang telah berjalan. Penilaian berjalan dengan baik dan lancar. Pada akhir penilaian, Bapak Supardi, salah seorang juri, memberikan pesan, “Yang terpenting menjaga kesehatan diawali dari kebiasaan, setelah dibiasakan menjadi keteladanan, setelah menjadi teladan akan menjadi budaya, dan akhirnya dari budaya itu akan menjadi karakter, dan harus dimulai dari orang dewasa.”

Hasil penilaian Lomba Sekolah Sehat diumumkan oleh Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi Jawa Tengah melalui surat nomor 421.7/18781 tanggal 6 November. Menanggapi hasil penilaian tersebut, Kepala SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru, Khilmi Dzulqornain mengatakan, “Lomba sekolah sehat bukan hanya sekedar ajang meraih prestasi, tetapi lebih kepada bentuk upaya kita semua untuk mencapai kualitas terbaik dari segala aspek yang menjadi tuntutan dan harus dimiliki setiap sekolah. Maka dari itu, SMP Islam Al Azhar 21 Solo baru sangat antusias dan kompak dalam mewujudkan itu semua hingga level tertinggi di tingkat nasional.”

Untuk menyambut pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional pada tahun 2020 nanti, SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru melakukan berbagai persiapan, baik persiapan program maupun sarana dan prasarana. Program-progam UKS yang telah berjalan baik selama ini dipertahankan dan ditingkatkan. Sarana dan prasarana yang memerlukan perbaikan akan segera diperbaiki.

Khilmi Dzulqornain berharap SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru dapat mengharumkan nama Al Azhar dan Provinsi Jawa Tengah dengan menjuarai Lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional nantinya. Selain itu, ia juga berharap agar kegiatan LSS dapat  menguatkan pola hidup sehat yang selama ini telah dibiasakan di SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru. “Harapannya adalah semua stake holder dan civitas warga sekolah memahami pentingnya kebersamaan, kepedulian, rasa memiliki, dan terus konsisten dalam menerapkan pola hidup sehat pada setiap lingkungan yang ada, khususnya di lingkungan sekolah,” ujarnya. ||

Leave a comment