Kegiatan In House Training Psikologi Remaja Usia SMP di SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru

Berita > Kegiatan In House Training Psikologi Remaja Usia SMP di SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru

Pemahaman, Permasalahan, dan Penanganannya Bersama Budhy Lestari, S.Psi., Psikolog

Solo Baru — Pada hari Sabtu, 21 Desember 2024, SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru mengadakan kegiatan In House Training (IHT) bertema “Psikologi Remaja Usia SMP: Pemahaman, Permasalahan, dan Penanganannya” dengan narasumber Budhy Lestari, S.Psi., Psikolog. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru dan karyawan SMP Islam Al Azhar 21, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih dalam mengenai tantangan psikologis yang dihadapi oleh remaja usia SMP dan bagaimana cara menangani permasalahan tersebut secara efektif.

Kegiatan dimulai dengan sambutan hangat dari Kepala SMP Islam Al Azhar 21, Bapak Muh. Saifuddin, S.Si. Dalam sambutannya, Bapak Saifuddin menyampaikan pentingnya kegiatan ini bagi seluruh guru dan karyawan dalam meningkatkan kapasitas mereka dalam mendampingi perkembangan psikologis murid, khususnya pada usia remaja yang penuh dengan tantangan.

“Usia SMP adalah masa transisi yang sangat menentukan bagi perkembangan kepribadian murid. Oleh karena itu, kami berharap kegiatan ini bisa memberikan wawasan baru bagi kami semua, agar bisa lebih peka dalam mengidentifikasi dan membantu murid yang menghadapi masalah psikologis,” ujar Bapak Saifuddin dengan penuh semangat.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Budhy Lestari, S.Psi., Psikolog, yang merupakan praktisi psikologi dengan pengalaman mendalam di bidang pendidikan remaja. Dalam sesi pertama, Budhy menjelaskan mengenai pentingnya pemahaman terhadap fase perkembangan psikologis remaja, terutama pada usia SMP.

“Pada usia ini, remaja mengalami perubahan besar dalam aspek fisik, emosional, dan sosial. Mereka mulai mencari jati diri, seringkali merasakan kebingungan atau ketidakpastian dalam banyak hal. Inilah mengapa penting bagi pendidik dan orang tua untuk memahami dunia mereka lebih baik,” jelas Budhy.

Budhy juga menyampaikan berbagai permasalahan psikologis yang sering dialami oleh remaja SMP, seperti kecemasan, stres akademik, konflik dengan teman sebaya, hingga permasalahan terkait identitas diri. Menurut Budhy, mengenali gejala-gejala awal dari masalah-masalah ini sangat penting agar bisa diberikan penanganan yang tepat sejak dini.

Selain menjelaskan teori-teori dasar psikologi remaja, Budhy juga menekankan pada peran penting pendidik dan lingkungan sekolah dalam membantu remaja menghadapi tantangan yang mereka hadapi. Sekolah adalah tempat yang sangat strategis untuk memberikan dukungan psikologis kepada murid. Guru bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai figur pendamping yang harus bisa memberikan ruang bagi murid untuk mengungkapkan perasaan dan kebingungannya.

Salah satu isu yang menjadi perhatian khusus dalam sesi ini adalah permasalahan kecemasan dan tekanan akademis yang sering dialami oleh remaja SMP. Budhy menyarankan agar sekolah dan guru bisa mengimplementasikan pendekatan yang lebih humanis dalam memberikan materi pelajaran, serta memberi ruang bagi murid untuk mengelola stres mereka.

Salah satu sesi yang sangat dinantikan dalam kegiatan ini adalah sesi tanya jawab. Para peserta IHT, yang terdiri dari guru dan karyawan SMP Islam Al Azhar 21, diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada Narasumber. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sangat beragam, mulai dari cara mengenali tanda-tanda awal depresi pada remaja, hingga bagaimana cara guru berkomunikasi dengan murid yang cenderung tertutup atau memiliki masalah pribadi.

Selain itu, ada juga diskusi menarik tentang pentingnya mengajarkan kecerdasan emosional (EQ) kepada remaja, sebagai bekal mereka untuk mengelola perasaan dan berinteraksi dengan orang lain secara lebih sehat.

Acara IHT ini diakhiri dengan pemberian hadiah kepada peserta yang telah mengikuti kegiatan dengan antusias dan pemberian kenang kenangan kepada Narasumber yag telah berkenan hadir. Bapak Muh. Saifuddin, S.Si., selaku Kepala SMP Islam Al Azhar 21, menyampaikan apresiasi tinggi atas kelancaran acara dan materi yang disampaikan oleh narasumber.

Kegiatan IHT ini berjalan lancar dan interaktif, serta memberikan manfaat yang besar bagi seluruh peserta. Diharapkan, melalui pemahaman yang lebih baik mengenai psikologi remaja, guru dan karyawan SMP Islam Al Azhar 21 dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam membantu murid  tumbuh dan berkembang menjadi individu yang sehat secara psikologis.

Related Posts

Leave a Reply