SMP Islam Al Azhar secara resmi memulai kegiatan Simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM)

Solo Baru, Senin 13 September 2021 SMP Islam Al Azhar secara resmi memulai kegiatan Simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Setelah memperoleh izin dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sukoharjo, Kegiatan ini sebagai tahapan awal sebelum pelaksanaan PTM Terbatas. Pada kegiatan Simulasi PTM  yang berlangsung sekitar 2 minggu ini, sekolah menerapkan protokol kesehatan yang ketat  dan mempersiapkan sarana dan prasarana yang menunjang agar para murid tetap belajar nyaman dan aman di sekolah. Jumlah murid yang mengikuti kegiatan simulasi PTM ini maksimal 50% dengan jumlah maksimal 2 kelas tiap jenjang dan murid yang mengikuti simulasi PTM tidak berganti

Para guru dan karyawan yang mengikuti PTM juga telah mengikuti program vaksinasi secara lengkap baik tahap 1, maupun tahap 2.  Bahkan untuk menyempurnakan ikhtiar, guru-guru yang akan mengajar tatap muka, melakukan swab antigen terlebih dahulu pada 1 hari sebelumnya. Kebijakan ini diambil sebagai sebuah antisipasi agar semua warga sekolah dalam keadaaan sehat. Untuk murid sedang dalam proses vaksinasi meskipun belum 100 persen. Vaksinasi untuk siswa yang ditingkatkan, dengan harapan siswa sepenuhnya bisa tervaksin. Gubernur Jawa Tengah mengatakan,  “jika jatah vaksin untuk Jawa Tengah banyak, maka akan ditargetkan ke siswa dan pedagang pasar, selain lansia” ujarnya dalam Rapat Koordinasi Penangan Covid-19 (Senin, 6/9/2021).

Siswa yang berangkat ke sekolah harus dengan transportasi pribadi dan diantar oleh keluarga serumah. Tiba di sekolah, siswa mencuci tangan dengan sabun dan satu per satu mengukur suhu tubuh dengan alat thermo gun yang terpasang di lobby sekolah. Setelah diapstikan suhu normal siswa diperkenankan memasuki sekolah dan diarahkan oleh guru piket untuk masuk ke dalam kelas.Dalam satu ruang kelas hanya terdapat belasan siswa yang belajar tatap muka, tidak sampai 50 persen dari kapasitas normal ruangan. Hal ini untuk memastikan jarak fisik tetap terjaga selama PTM berlangsung. Sejumlah persiapan teknis pelaksanaan hingga fasilitas penunjang protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 di sekolah dipersiapkan dengan lengkap.

Pembelajaran pada simulasi PTM SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru menerapkan hybrid learning yaitu pembelajaran yang menggunakan sistem online dan offline secara bersamaan.  Guru mengajar tatap muka di kelas dengan jumlah murid setengah dari jumlah kelas dan sisanya mengikuti pembelajaran online melalui aplikasi video conference. Hal ini efektif untuk membelajarkan siswa yang datang ke sekolah maupun yang ada di rumah. (H-Y)

Leave a Reply