Kegiatan Pelatihan Muratal oleh OSIS SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru Bersama Ustadz Muzammil Hasballah

Kegiatan Pelatihan Muratal  yang diselenggarakan oleh OSIS SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru dilaksanakan pada hari Jum’at, 19 Maret 2021 melalui zoom virtual meeting yang diikuti oleh murid SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru dan Murid SD Umum, Kegiatan ini berisi tentang belajar membaca Al Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW serta dapat melantunkan ayat suci Al Qur’an dengan maqom-maqom yang ada. Baik dari syech maupun dari Ustadz dan Ulama yang Masyhur.

Adapun tujuan penggunaan bacaan al-Qur‟an dengan menggunakan irama yaitu untuk mempermudah bacaan dan agar mudah diingat dalam bacaan. Membaca Al-Qur’an dengan menggunakan irama akan membuat orang yang membaca al-Qur‟an tidak malas membaca dan membuat orang yang mendengarkannya tertarik untuk mendengarkannya. Keberadaan atau fungsi irama atau lagu hanyalah sebagai alat untuk memperindah saja, sedangkan bacaan-bacaan al-Qur’an sendiri mempunyai aturan-aturan yang wajib diikuti dan tidak boleh dikalahkan dengan lagu. Allah Swt. berfirman: Artinya: “… dan bacalah al-Qur’an itu dengan perlahan-lahan (tartil).” (Q.S. Al-Muzammil [74]: 4)13. Dalam hal membaguskan suara ini, Nabi Muhammad merupakan contoh yang peling baik, beliau selalu membaca alQur‟an dengan jelas bacaannya (tartil) dan fasih lisannya.

Gaya lagunya senantiasa serasi dengan uslub al-Qur‟an yang begitu indah dan dapat memikat hati. Sehingga tidak heran ketika pada suatu saat ada seseorang sahabat yang sempat dibuat takjub oleh bacaan Al-Qur‟an beliau. Sebagaimana dikatakan dalam hadits: (Artinya: “Dari al-Barra’ bin Azib r.a, ia berkata: Saya telah mendengar Rasulullah Saw. membaca Wattini Wazzaitun, maka belum pernah saya mendengar seorang pembacapun yang lebih merdu suaranya dari bacaan Nabi Saw. itu.” (H.R. Bukhari Muslim).  Dari hadits tersebut dapat diketahui bahwa ketika Nabi Muhammad SAW membaca Al-Qur‟an itu melantunkannya dengan suara yang indah dan merdu serta bacaannya sesuai dengan tajwidnya.

Kegiatan diikuti oleh  315 dari kelas 7-9 murid SMP Islam Al Azhar 21 dan murid SD Umum kurang lebih 200 murid. Harapan dari berlangsungnya kegiatan agar generasi muda dapat mempelajari dan melagukan surah dalam Al Qur’an sesuai dengan kaidah-kaidahnya yang sesuai./YS

Related Posts

Leave a Reply